3 Jenis Truk Untuk Medan Berat, Cocok Untuk Yang Sering Ke Pelosok

  • on January 3, 2021

3 Jenis Truk Untuk Medan Berat, Cocok Untuk Yang Sering Ke Pelosok – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan dua truk andal berjenis Gorkovsky Avtomobilny Zavod (GAZ) Sadko ke Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Truk itu untuk mempermudah pengiriman logistik bantuan yang mampu menembus medan berat.

“Truk dengan spesifikasi offroad ini dengan mudah menerjang medan berlumpur, berkemiringan maupun bergenangan,” kata Kepala Bidang Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam pesan elektronik yang diterima di Bogor, Kamis (23/1). Agus menjelaskan dua truk itu berjenis GAZ Sadko Ural 6×6 dan Sadko Next 4×4.

Truk berseri Sadko Ural 6×6 mampu mengangkut beban hingga 6 ton atau berkapasitas 30 orang. “Truk ini juga dapat mengarungi genangan air dengan kedalaman hingga 1,7 meter,” jelasnya. Sementara, sambung Agus, Sadko Next 4×4 memiliki spesifikasi lebih ringan dengan daya angkut 2,5 ton atau berkapasitas 30 orang.

Selain itu, kendaraan tersebut dapat meluncur pada kemiringan 31 derajat dan mengarungi genangan air hingga kedalaman 1,2 meter. Truk tersebut, Agus menjelaskan digunakan dalam operasi penanganan darurat. Keduanya, dia menuturkan, akan dikhususkan untuk pengangkutan logistik bantuan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pascabencana banjir bandang dan longsor. “Operasional kendaraan ini di bawah kendali Korem Bogor,” katanya.

Hadirnya Dyna Offroad

PT Dunia Barusa, dealer resmi Toyota Aceh mulai memasarkan truk Dyna Offroad bermesin tangguh yang mampu menjelajahi segala medan. Dengan mesin injeksi Turbo Intercooler yang sudah beremisi Euro 2 mampu menghantarkan tenaga besar, sampai 130 PS.
Sales Supervisor PT Dunia Barusa, Azhar SE, Jumat (15/2) menyatakan pasar truk di Aceh masih terbuka lebar, khususnya untuk kalangan pengusaha yang bergerak dalam bidang penjualan tanah timbun, pasir atau juga batu gunung. Begitu juga untuk pengusaha perkebunan atau juga pertambangan yang mulai tumbuh di Provinsi Aceh.

Dia menjelaskan pembukaan penjualan truk Toyota di Aceh juga untuk membangkitkan tumbuhnya dunia usaha. Apalagi, sebutnya, pihaknya memberi suku bunga kredit seringan-ringannya, bahkan sampai nol persen dalam periode tertentu, sebagai upaya membantu pengusaha terus berkembang.

Truk Dyna memiliki lima tipe yakni 130 HT (Heavy Truck), 130 XT (Express Truck), 110 ET (Econo Truck), 110 FT (Fast Truck), dan 110 ST (Small Truck). Kecuali tipe ST yang menggunakan empat ban, tipe lainnya menggunakan enam ban. Sedangkan untuk harga berada di kisaran Rp 245,5 juta sampai 296,45 juta (on the road).

Azhar menjelaskan untuk varian 130HT dan 130 XT sama-sama memiliki tenaga 130 PS dari mesin 4.000 cc dengan enam roda. Namun, type HT memiliki daya angkut hingga 8.250 kg atau 8,25 ton, sedangkan XT berkisar 7.500 kg atau 7,5 ton.

Asnawi, salah seorang pengusaha truk pengangkut material galian C Banda Aceh menyatakan Dyna type 130 HT yang telah dibelinya bulan lalu sangat handal di lapangan. Dia menjelaskan saat mengangkut material batu gunung atau juga pasir, tidak mengalami kendala, baik di jalan berlumpur atau tanjakan, berkat mesin turbo intercooler yang dinilainya mumpuni menghadapi semua medan.

Azhar menjelaskan ketangguhan truk Toyota Dyna Turbo di medan berat bergantung pada dua fitur yaitu mesin dan chassis truk. Dikatakan, Toyota memasang Turbo Charger dan Intercooler agar truk mampu menarik beban berat dan chassis yang berukuran lebih panjang.(muh)

Mesin Baru dan Power Steering
DYNA versi baru ini telah dilengkapi fitur power steering dan fasilitas pengaturan kemudi di semua varian. Mesin juga baru, jenis W04D-TP (110 PS) dan W04D-TR (130 PS) sehingga lebih bertenaga, efisien dan ekonomis. “Untuk pasar truk, hanya satu yang menjadi perhatian konsumen, seberapa besar ketangguhannya,” jelas Azhar.

Pasar offroad didominasi Dyna berukuran besar atau yang beroda enam seperti tipe HT dan ET. Sedangkan untuk Dyna on road yang beroda empat atau bertipe XT dan FT ditujukan untuk pelanggan di dalam kota.

“Mesin dan chassis Dyna lebih bandel dan tangguh dibanding lainnya,” klaim Azhar. Dia juga menjelaskan, Dyna juga memiliki model mikro bus, selain onroad dan offroad yang juga telah siap menerima pesanan.

Sementara, kehadiran Toyota Dyna baru makin meramaikan pasar truk di Aceh yang selama ini terus didominasi Mitsubishi. Begitu juga dengan kehadiran saudaranya, New Hino Dutro di Banda Aceh. Kini, tinggal anda menentukan pilihan, yang sudah menjadi pemimpin pasar, atau juga pemain baru yang sudah malang melintang di Indonesia.

Article Categories:
Truck Info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *